IN LOVE WITH THE DETAILS ON KEBAYA

by - Rabu, November 01, 2017


Diantara sekian banyak pakaian tradisional di Indonesia dengan ragam budaya dari setiap daerah, kebaya menjadi salah satu yang sangat dekat dengan wanita Indonesia. Kesan kuno yang melekat kini berubah, karena kebaya sekarang ini bertransformasi dari model yang sederhana menjadi model yang memiliki banyak macam variasi dari material bahan hingga detail yang memberikan kesan glamour.

Detail pada kebaya sangat penting, karena detail inilah yang menjadi poin terpenting yang dapat mempercantik kebaya. Berbagai jenis detail dapat diaplikasikan, beberapa diantaranya seperti bordir, tempel brokat, payet, beads, kristal, dll. Penggunaan aplikasi pada kebaya juga tidak bisa sembarangan, sangat penting untuk memperhatikan jenis kain yang digunakan saat memilih jenis detail yang nantinya diaplikasikan. Disinilah seorang desainer akan menghidupkan kebaya yang dibuat., karena nyawa dari sebuah kebaya ada pada detailnya. 

Jadi, semakin detail sebuah kebaya maka akan semakin indah kebaya tersebut. Dan untuk membuat detail yang indah memerlukan waktu yang tidak sedikit. Tidak mengherankan sebuah kebaya bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam pengerjaannya, karena kebaya itu sendiri dijahit secara manual (handmade). Itulah mengapa kebaya memiliki nilai yang sangat tinggi.



You May Also Like

0 komentar